.it’s just about how well you play your role.


Ada sebuah rasa sedih dan kehilangan yang teramat sangat mengetahui bahwa Pak Sekretaris Bappebti (yang merupakan atasan langsung-ku) harus dipindah menjadi Ses di Ditjen Kerjasama Perdagangan Internasional dan digantikan oleh pejabat Eselon III yang dipromosikan. Tentu aku patut berbangga, perpindahan ke Ditjen KPI merupakan sebuah prestasi, namun di sisi lain, ada rasa mencelos di hati. Kalau tidak dapat kutahan, mau nangis rasanya :'(

Selama 5 bulan bekerja, beliau adalah atasan yang sangat baik dan menjadi panutanku. Aku merasa tidak sulit untuk belajar darinya karena bagiku, beliau adalah contoh yang harus diteladani.

Pergantian pemimpin, berarti merupakan sebuah masa transisi bagiku. Lagi-lagi aku dituntut untuk beradaptasi dengan atasan baru. Sebagai seorang sekretaris, tentu bukan hal yang mudah. Setiap pimpinan punya preferensi yang berbeda dan aku harus lebih cepat tanggap dengan atasan baru.

Lalu aku berfikir bahwa semua ini hanyalah kehidupan yang terus berputar, seberapa baik aku bisa bertahan memainkan ‘peran’ku. Toh hidup hanya tempat kita berperan dan bertindak. Berperan sebagai seorang sekretaris Ses Bappebti; sebagai seorang CPNS di Departemen Perdagangan, sebagai seorang anak, seorang kakak, seorang teman kerja, teman kampus, mahasiswa, atau hanya sebagai seorang hamba di mata-NYA.

Semakin baik aku memainkan peran ini, maka aku akan mampu bertahan. Walau alasan-alasan baru harus aku buat dan simpan di hati agar peran ini dapat kumainkan sepenuh hati dan rasa senang.

Selamat bekerja di tempat baru, Pak Iwan. Semoga tambah sukses dan posisi sekarang dapat menjadi batu loncatan untuk berkarya kembali di Bappebti sebagai orang nomor satu. Amien…

Leave a Reply

